Kamis, 26 Mei 2016

Cobalah Ke Pacitan Dan Kunjungi Beberapa Objek Wisata Ini

Yang Bisa Ente (Kalian) Datengin Pas Ke Pacitan

Kabupaten Pacitan, 

Sebagian orang mungkin udah familiar dengan nama Pacitan, alias udah gak asing lagi. Selain karna sempat heboh dengan pencalonan si Julia Perez jadi Calon Bupati, yang pastinya Presiden kita Yth Pak SBY itu asli wong Pacitan rek. Misalkan gak percaya, cobalah cek di wikipedia. hehe
Nah... jadi si Kabupaten Pacitan adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur, dan letaknya paling barat bagian selatan alias dekat dengan Jogjakarta. Makanya misal kalian mau ke Pacitan dari Jakarta dengan Kereta Api atau Pesawat, lebih baik transit dulu lewat Jogjakarta. Soalnya, setau ane di Pacitan itu belum ada Stasiun Kereta Api dan juga Bandara Komersil.

Pacitan (Sebelah Kanan) Letaknya Bersebelahan Dengan
Jogjakarta (Sebelah Kiri)

Nama Pacitan memang identik dengan Pak SBY. Tapi, ternyata kabupaten ini memiliki nama julukan sendiri loh, yaitu sebagai Kota Seribu Goa. Soalnya di Kampung Pak SBY ini, memiliki banyak Goa-goa terutama di Pacitan bagian selatan yang berkapur dan  menjadi objek wisata. Salah satu contohnya adalah Goa Gong, yang menjadi tujuan utama bagi wisatawan yang sedang melancong ke Pacitan. 

Sebetulnya, untuk masalah objek wisata yang ada di Pacitan ini bukan hanya goa-goa saja. Melainkan banyak objek wisata alam yang sangat indah, dan patut dicoba buat kalian yang belum pernah kesini. Dan disini ane dkk mau berbagi informasi dari pengalaman kemaren pas ke Pacitan, selama 2 hari. 

Pas ke Pacitan, ane dkk ngedatengin lokasi-lokasi berikut :

1. Pantai Pancer

Lokasi gak jauh dari pusat kota, dan menurut ane sih yang paling deket. Walaupun sangat dekat dengan kota, tapi jangan khawatir dengan keindahan si pantainya sob. Menurut ane ini recommended banget, soalnya pantainya bersih, ombaknya bersahabat dan pemandangan sekitarnya itu indah. Terutama sore hari, kita bisa nikmatin sunset sambil duduk dihamparan pasir yang menyerupai gurun pasir. Selain itu juga, disini kita bisa melakukan kegiatan renang, mancing dan surfing. Bukan hanya itu, ada hal yang menarik di Pantai Pancer ini, waktu itu ane dkk melihat kegiatan para nelayan yang sedang lomba balap perahu dari arah muara menuju laut lepas. Macem Moto GP lah, hahaha :)

 Akses Menuju Pantai Pancer Dari Kota

3 Bidadari Kulit Putih Nikmatin Pantai Pancer

Hamparan Pasir Pantai Pancer

 Kegiatan Nelayan di Pantai Pancer

Muara Pantai Pancer

Pantai Pancer

Hamparan Pasir Pantai Pancer Yang Mirip Padang Pasir

Turis Luar Lagi Persiapan Surfing

Si Kawan Dengan Tangkapan Ikan,
Hasil Macing di Pantai Pancer


Jelema Lieur Gara-gara Mantan

Menunggu Gelap Di Pantai Pancer :)

2. Alun-alun Pacitan

Bingung mau ngapa-ngapain di malam hari pas di Pacitan? Jangan bingung sob, waktu itu ane dkk cari kegiatan di alun-alun Pacitan yang lokasinya dekat Jl. Raya Jend. Ahmad Yani. Walaupun kotanya kecil, tapi ternyata pas malam-malan di alun-alun Pacitan itu sangat rapih, bersih dan ramai. Disini terdapat berbagai macam kuliner seperti sayur lombok (cabai), sate tahu, ketan bakar+gula pasir, dan lain-lain. Dan yang paling heboh plus fenomenal di alun-alun Pacitan ini adalah jajanan batu akik bongkahan. Apalagi waktu itu banyak warga yang sedang sibuk memilih-milih batu akik bongkahan yang akan dijadikan cincin. Harga bongkahan batu akik per kilo nya pun sangat murah dan terjangkau. Sampai-sampai ane dkk pun ikut membeli batu akik bongkahan hehe :)

Memang Pacitan itu terkenal juga dengan batu akiknya, terutama batu akik kalsedon. Makanya jangan heran kalau ke Pacitan, kalian bakal nemuin berbagai tempat asah batu akik di sepanjang jalan hehe :)
Lokasi Alun-alun Pacitan

Air Mancur di Alun-alun Pacitan

Sate Tahu Khas Pacitan

Ketan Bakar + Gula Pasir dan Sate Tahu Khas Pacitan


 Memilih Batu Akik Bongkahan Untuk Oleh-oleh :)

3. Pemandian Banyu Anget Tirto Husodo

Kalau badan pegal dan pengen ngerendem air panas, di Pacitan juga ada objek wisata pemandian air panas. Lokasinya di Desa Karangrejo, Arjosari, dan akses utamanya melalui Jalan Raya Pacitan-Ponorogo. Selain air panas yang cocok untuk berendam, pemandangan alam disekitar lokasi ini pun gak kalah indah dengan yang lain. Jadinya sangat nyaman lah, berendam aer panas sambil nikmatin keindahan alam hehe.

Akses MenujuPemandian Banyu Anget Dari Kota

 
Pintu Gerbnag Pemandian Banyu Anget
Tirto Husodo

Pemandangan Sekitar Desa Karangrejo,
Sebelum Pintu Masuk Pemandian Banyu Anget


4. Goa Gong

Belum lengkap rasanya, kalau ke Pacitan tanpa mengunjungi Goa Gong. Karena Goa Gong adalah salah satu Icon wisata dari Pacitan. Soalnya Goa yang memiliki kedalama lebih dari 200 meter ini, disebut-sebut sebagai Goa Terindah yang ada di Asia Tenggara. Yang ane dkk liat kemaren sih, selama perjalanan menyusuri anak tangga ke dalam goa memang keren banget pemandangannya. Terutama Stalaktit dan Stalagmit yang menjulang tinggi, dan bisa mengeluarkan bunyi mirip alat musik gong. Terlebih lagi, dengan adanya senter warna warni yang menyoroti goa agar terlihat semakin indah.
    
Akses Menuju Goa Gong Dari Arah Kota,
Lokasinya Satu Jalur Dengan Pantai Pancer


Stalaktit Goa Gong

Situasi di Dalam Goa Gong

Keindahan Stalaktit Goa Gong, Dengan Diterangi Lampu Berwarna

Keindahan Stalagmit Goa Gong, Dengan Diterangi Lampu Berwarna

5. Goa Kalak

Selesai dari Goa Gong, waktu itu ane lanjut menuju Pantai Klayar karena masih satu jalur. Tapi tanpa sengaja ane dkk melihat Goa besar dan megah, yang lokasi persis disebelah kiri jalan dari arah Goa Gong. Akhirnya kami berjalan sebentar menuju Goa tersebut, kurang lebih 30 meter. Dan ternyata nama Goa ini adalah Goa Kalak. Singkat cerita dari si Kawan yang orang Pacitan, bahwa dahulu Goa Kalak ini terkenal. Namun karena sepi pngunjung, akhirnya bertahun-tahun Goa ini menjadi tempat persemedian bagi orang-orang yang memiliki kepercayaan tertentu.

Dengar cerita tersebut, kami gak heran kalau Goa ini ditutupi pagar besi yang membuat orang-orang tidak bisa sembarangan masuk. Tapi sekitar bagian luar Goa Kalak ini gak kalah keren kok, dan menurut ane sih ini Goa dengan pemandangan stalaktit-stalaktit panjang yang terkesan menyeramkan hehe.

Jadi buat kalian misal habis dari Goa Gong dan ingin lanjut ke Pantai Klayar, jangan lupa mampir ke Goa Kalak. Lokasinya kurang lebih 5 Km setelah Goa Gong, sebelum Pantai Klayar dan persis disebelah kiri jalan yang mudah terlihat oleh kita.

  Akses Menuju Goa Kalak Dari Arah Goa Gong
Pemandangan Kemegahan Goa Kalak Dari Luar

Stalaktit Goa Kalak


Stalaktit Goa Kalak Yang Memberikan Kesan Menyeramkan :D

Di SekitarGoa Kalak

Diluar Goa Kalak Sudah Cukup Nikmatin Keindahan Goa :)


 6. Pantai Klayar

Selesai dari Goa Gong dan Goa Kalak, ane dkk langsung menuju pantai yang paling terkenal di Pacitan yaitu Pantai Klayar. Soalnya ini pantai memiliki keindahan yang beda dengan pantai lain, seperti batu besar yang menyerupai Spinx di Mesir, semburan air laut yang berbunyi seruling sehingga disebut Seruling Samudera, ombak laut yang besar tapi mengesankan, dan juga air laut yang sangat biru toska. Selain itu juga, disini ada bukit yang bisa kita daki untuk melihat keindahan pantai Klayar secara keseluruhan. 

Namun, dibalik keindahannya tersebut, pantai ini gak recommended banget buat berenang. Soalnya ombak disini sangat besar, sehingga dikhawatirkan terjadi sesuatu. Jadi, cukup nikmati saja keindahan pantainya dengan mengisi kegiatan foto-foto, sewa motor ATV, atau bersantai ria dengan minuman es kelapa di gazebo yang sudah disediakan oleh pengelola wisata pantai ini :)

    Akses Menuju Pantai Klayar

Pantai Klayar Dilihat Dari Jalan Sebelum Bibir Pantai

Pantai Klayar

Jalan Menuju Batu Yang Menyerupai Spinx

Ombak Pantai Klayar, Dengan View Batu Spinx nya Pacitan

Masih di Pantai Klayar

Masih di Pantai Klayar

Ombak Besar Pantai Klayar

Masih Ombak Besar Pantai Klayar

Masih Ombak Besar Pantai Klayar


Ekspresi Ketika Ada Pasangan Muda Mudi Yang Berpacaran
Di Pantai Klayar

Bagian Pantai Klayar, Dilihat Dari Atas Bukit

                                    Masih di Bagian Pantai Klayar, Dilihat Dari Atas Bukit

Seruling Samudera, Dilihat Dari Atas Bukit,
Karena Saat Itu Ombak Sedang Besar Untuk Masuk Area Tersebut


Sebetulnya objek wisata di Pacitan itu sangat banyak, seperti Pantai Watu Karung, Pantai Soge, Pantu Banyu Tibo, Goa Tabuhan, dan masih banyak lagi. Dan untuk menuju ke lokasi wisata yang ada di Pacitan, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Namun jangan khawatir untuk masalah jalanan yang ada disini, karena kondisi jalanan yang ada di Pacitan itu sangat bagus. Mungkin karena kota nya Pak SBY hehe :) .







Tidak ada komentar:

Posting Komentar